title: STUDI KONSEP DIRI PADA FOODSTAGRAMMER DI KOTA BANDAR LAMPUNG creator: Annisa Widya Putri, 1416031019 subject: HF Commerce subject: N Visual arts (General) For photography, see TR description: Penelitian ini berjudul Studi Konsep Diri Pada Foodstagrammer di Kota Bandar Lampung. Foodstagrammer mempunyai arti orang-orang yang gemar mengunggah foto makanan ke media sosial yang bernama Instagram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep diri pada Foodstagrammer dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri positif maupun konsep diri negatif. Penelitian menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi dengan kajian psikologi komunikasi, aspek-aspek konsep diri, media baru, dan Instagram. Subjek penelitian ini adalah empat orang Foodstagrammer dan empat orang informan pendukung Significant other. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri pada Foodstagrammer adalah konsep diri positif. Peneliti menemukan bahwa keempat informan yang mengunggah foto makanan di Instagram yaitu sebagai wujud dari hobi memasak, hobi makan, fotografi, menilai makanan merupakan sebuah seni, dan review menu makanan. Mereka mampu memanfaatkan Instagram dengan baik sehingga memberikan efek positif bagi dirinya maupun orang lain dengan memberikan informasi kuliner yang sifatnya informatif, menarik, dan adanya sifat keterbukaan. Kata kunci : Konsep Diri, Foodstagrammer, Fenomenologi, Media Baru, Instagram ABSTRACT The research entitled “Self Concept of Foodstagrammer in Bandar Lampung City”. Foodstagrammer has a meaning that is people who like to upload photos of food to social media called Instagram. Aims of this reseacrh are to know self concetp of Foodstagrammer and factors that influence the positive self or negative self. The research used qualitative method with phenomenology approach by study psychology of communication, aspects of Self Concept, New Media, and Instagram. The subject for this reseacrh are four Foodstagrammer and four other supporting informants which is Significant Other. The findings on this reseacrh show that self concept of Foodstagrammer are the positive self concept. Researchers found that the four informants who uploaded food photos in Instagram as a form of cooking hobby, eating as hobby, photography, assessing the food is an art, and review the food menu. They are able to use Instagram well so as to provide positive effects for themselves and others by providing culinary information that is informative, interesting, and the nature of openness. Keywords: Self-Concept, Foodstagrammer, Phenomenology, New Media, Instagram publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik date: 2018-07-17 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32424/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32424/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32424/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Annisa Widya Putri, 1416031019 (2018) STUDI KONSEP DIRI PADA FOODSTAGRAMMER DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/32424/