creators_name: MELLY PUTRI AGUSTINA , 1413053068 creators_id: mellyputriagustina0808@gmail.com type: other datestamp: 2018-07-31 08:58:26 lastmod: 2018-07-31 08:58:26 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 6 METRO BARAT ispublished: pub subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture terhadap hasil belajar PKn. Metode penelitian ini adalah the non equivalent control group design dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,49 dengan kategori sedang dan N-Gain kelas kontrol yaitu 0,41 dengan kategori sedang. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test diperoleh data t-hitung sebesar 2,26 sedangkan t-tabel sebesar 2,00 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Kata kunci: Hasil, Picture and Picture, PKn. date: 2018-05-03 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 1413053068 citation: MELLY PUTRI AGUSTINA , 1413053068 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 6 METRO BARAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/32438/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32438/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32438/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf