@misc{eprints32445, month = {April}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PALAPA KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018}, author = {1343053005 Clarisa Pratiwi}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32445/}, abstract = {ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PALAPA KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh Clarisa Pratiwi Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Metode adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen dalam penelitian menggunakan instrumen tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan regresi dan t-test. Berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi dummy, ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Hasil analisis menggunakan uji t-test ada perbedaan hasil belajar tematik peserta didik menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan pembelajaran konvensional peserta didik. Kata Kunci : hasil belajar, model pembelajaran STAD, pembelajaran tematik} }