?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1413023029&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+ISU+SOSIOSAINTIFIK+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+LITERASI+KIMIA+DAN+%0D%0AMOTIVASI+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+LARUTAN+%0D%0AELEKTROLIT+DAN+NON-ELEKTROLIT%0D%0A&rft.creator=JARISKA+MEIDHANIA+WULANDARI%2C+1413023029&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QD+Chemistry&rft.description=Penelitian+yang+dilakukan+di+SMAN+1+Seputih+Agung+ini+bertujuan+untuk+men-deskripsikan+pengaruh+pembelajaran+menggunakan+isu+sosiosaintifik+untuk+meningatkan+kemampuan+literasi+kimia+dan+motivasi+belajar+siswa+kelas+X+MIA+pada+materi+larutan+elektrolit+dan+non-elektrolit.+Penelitian+ini+menggunakan+metode+kuasi+eksperimen+dengan+pretest-posttest+control+group+design.+Populasi+yang+digunakan+yaitu+seluruh+kelas+X+MIA.+Pengambilan+sampel+pada+penelitian+ini+dilakukan+dengan+cara+cluster+random+sampling+dan+diperoleh+kelas+X+MIA+3+sebagai+kelas+kontrol+yang+diterapkan+pembelajaran+konvensional+yang+biasa+digunakan+oleh+guru+kimia+kelas+X+SMAN+1+Seputih+Agung+dan+X+MIA+1+sebagai+kelas+eksperimen+yang+diterapkan+pembelajaran+menggunakan+isu+sosiosaintifik.+Pengaruh+pembelajaran+menggunakan+isu+sosiosaintifik+dianalisis+menggunakan+uji+perbedaan+dua+rata-rata+pada+n-gain+dan+uji+effect+size+terhadap+kemampuan+literasi+kimia+dan+motivasi+belajar+siswa.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+perbedaan+dua+rata-rata+n-gain+kemampuan+literasi+kimia+dan+motivasi+belajar+siswa+pada+kelas+eksperimen+lebih+besar+dibandingkan+kelas+kontrol+dengan+kriteria+n-gain+pada+kelas+eksperimen+%E2%80%98sedang%E2%80%99+dan+kelas+kontrol+%E2%80%98rendah%E2%80%99+untuk+kemampuan+literasi+kimia%2C+sedangkan+untuk+motivasi+belajar+siswa+%E2%80%98sedang%E2%80%99+pada+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol+%E2%80%98sedang%E2%80%99+pula.+Hasil+pengujian+effect+size+menunjukkan+bahwa+83%2C7%25+peningkatan+kemampuan+literasi+kimia+dan+75%2C6%25+peningkatan+motivasi+belajar+siswa+dipengaruhi+oleh+pembelajaran+menggunakan+isu+sosiosaintifik.+Pembelajaran+menggunakan+isu+sosiosaintifik+berpengaruh+untuk+meningkatkan+kemampuan+literasi+kimia+dan+motivasi+belajar+siswa+dengan+kriteria+effect+size+%E2%80%98besar%E2%80%99.%0D%0AKata+kunci%3A+kemampuan+literasi+kimia%2C+isu+sosiosaintifik%2C+motivasi+belajar&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2018-07-03&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32446%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32446%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32446%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++JARISKA+MEIDHANIA+WULANDARI%2C+1413023029++(2018)+PENGARUH+PENGGUNAAN+ISU+SOSIOSAINTIFIK+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+LITERASI+KIMIA+DAN+MOTIVASI+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+LARUTAN+ELEKTROLIT+DAN+NON-ELEKTROLIT.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32446%2F