%A 1413023051 PUTRIANA %T PENGARUH PENGGUNAAN ISU SOSIOSAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT %X Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Seputih Agung, Lampung Tengah ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan metakognisi siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X MIA. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional, dan X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran menggunakan isu sosiosaintifik. Dilakukan analisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-gain dan uji effect size terhadap hasil tes kemampuan literasi kimia dan metakognisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan dua rata-rata n-gain kemampuan literasi kimia dan metakognisi siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 83,7% peningkatan kemampuan literasi kimia dan 93,1% peningkatan kemampuan metakognisi siswa siswa dipengaruhi oleh penggunaan isu sosiosaintifik. Pembelajaran menggunakan isu sosiosaintifik berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan metakognisi siswa dengan kriteria effect size ?besar?. Kata kunci: Kemampuan literasi kimia, kemampuan metakognisi, isu sosiosaintifik. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints32449