%0 Generic %A APRI HANIFAH, 1413053017 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:32478 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DALAM PEMBELAJARAN TERPADU PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 1 LABUHAN RATU %U http://digilib.unila.ac.id/32478/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Labuhan Ratu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebanyak 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebanyak 20 peserta didik sebagai kelas kontrol, dengan teknik purposive sampling. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan analisis data menggunakan Uji Regresi Linier dan Uji-t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Labuhan Ratu. Kata kunci: hasil belajar, IPA, Problem Based Learning (PBL). abstract The problem of this research was the low outcome of IPA in fourth grade SDN 1 Labuhan Ratu. The research belongs to quasi experiment with nonequivalent control group design. The research aimed to know the effect of PBL model to IPA’s learning outcome. The population subject of this research was the IV A class with 20 students as the experimental group, and IV C class with 20 students as the control group gained by purposive sampling. The data of this research used observation and test with instrument analysis by linear regression and t-test. The result showed that PBL affected the outcome of IPA in IV grade of SD N 1 Labuhan Ratu. Keywords: learning outcomes, IPA, Problem Based Learnig (PBL)