TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32482 UR - http://digilib.unila.ac.id/32482/ A1 - NING AYU SARAS WITA, 1313033061 Y1 - 2018/06/06/ N2 - Seorang guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, keberhasilan pembelajaran tidak semata-mata dengan usaha siswa itu sendiri, melainkan dengan menerapkan model yang tepat dapat membantu hasil belajar siswa menjadi meningkat. Berdasakan observasi yang peneliti lakukan, diketahui bahwa hasil belajar Mata Pelajaran Sejarah Semester Ganjil belum memenuhi standar KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran yang tepat, yaitu Model Pembelajaran Portofolio. Model Pembelajaran Portofolio diketahui mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Portofolio terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 1 Gedong Tataan?". Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Portofolio terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Gedong Tataan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji t diperoleh hasil uji hipotesis bahwa thitung = 3,45 > ttabel = 2,40, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data secara kuantitatif Model Pembelajaran Portofolio berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Gedong Tataan. Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Portofolio, Hasil Belajar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMAN 1 GEDONG TATAAN TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted ER -