TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints32502 UR - http://digilib.unila.ac.id/32502/ A1 - NONI PERWITOSARI , 1413021050 Y1 - 2018/07/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tulang Bawang Tengah tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 200 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas, mulai dari VII A hingga VII H. Pengam¬bilan sam¬¬pel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih siswa pada kelas VII A dan VII B sebagai sampel. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil dari penelitian ini me¬nunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran think pair share lebih tinggi dari peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang me¬ngikuti pembelajaran konven¬sional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran think pair share ber¬pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: komunikasi, pengaruh, think pair share PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2017/2018) AV - restricted ER -