title: PENGGUNAAN KONSELINGRATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPY (REBT)UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KALIANDALAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 creator: IRSAN DEWANGGA , 1013052030 subject: LB Theory and practice of education description: Masalah penelitian ini adalah percaya diri siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan konseling Rational Emotif therapy untuk meningkatkan kepercayan diri pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah pre– exsperimental dengan jenis one–group pretest–posttest design. Subjek penelitian sebanyak 2 siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah.Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling Rational Emotif Behavior Therapy dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal ini ditunjukkan dari uji analisis data diperoleh nilai Zhitung = -1.342