TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32524 UR - http://digilib.unila.ac.id/32524/ A1 - WAYAN ARDANINGSIH , (1413053138) Y1 - 2018/05/14/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Labuhan Ratu Pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Labuhan Ratu Pasar. Penelitian ini menggunakan metode eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur efektivitas pengaruh penerapan metode inkuiri, dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Rata-rata hasil pretest kelas eksperimen sebesar 53,96 dan rata-rata hasil posttest sebesar 77,92 meningkat 23,96. Perbandingan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,52, sedangkan nilai N-Gain kelas kontrol 0,30, selisih N-Gain kedua kelas tersebut sebesar 0,22. Hasil penelitin menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Labuhan Ratu Pasar yang berarti Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar, PKn, metode inkuiri. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 1 LABUHAN RATU PASAR AV - restricted ER -