@misc{eprints32528, month = {April}, title = {PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 7 YOSOMULYO METRO PUSAT KOTA METRO}, author = {1443053013 Desi Cahya Lugita}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32528/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Yosomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan pendekatan kontekstual pada tema 6 sub tema 2 siswa kelas V SDN 7 Yosomulyo serta untuk mengetahui pengaruh hasil belajar pada tema 6 sub tema 2 dengan penerapan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SDN 7 Yosomulyo. Metode dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan menggunakan One Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 7 Yosomulyo yang berjumlah 50 siswa dengan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan sampel kelas VA yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dan analisis uji T independent Polled Varian. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan pendekatan kontekstual serta terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: hasil belajar.pendekatan kontekstual, pembelajaran IPA. abstract The problem in this research is the low of student learning result of grade V SDN 7 Yosomulyo. This study aims to determine differences in learning outcomes before and after the application of contextual approaches on the theme of the 6 sub themes 2 students of grade V SDN 7 Yosomulyo and to know the effect of learning outcomes on the theme of the 6 sub themes 2 with the application of contextual approaches to students of grade V SDN 7 Yosomulyo. The method in this research is quasi experimental method by using One Nonequivalent Control Group Design. The population in this study were all students of class V SDN 7 Yosomulyo which amounted to 50 students with the sample research using purposive sampling with VA class sample which amounted to 25 students. Data collection in this research is by using observation and test technique, while data analysis using simple linier regression formula and test analysis T independent Polled Varian. The results of data analysis showed that there are differences in student learning outcomes between before and after the application of contextual approach and there is influence of contextual approach to student learning outcomes. Keywords: learning outcomes,contextual approach, learning science.} }