%0 Generic %A ATIKA YANA UCHI, 1443053011 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2018 %F eprints:32529 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/32529/ %X Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling. Jenis teknik penelitian yang digunakan adalah purposive sampling . Instrumen yang digunakan adalah non tes dan tes. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 3 Kartaraharja. Kata kunci: Hasil belajar, picture and picture, Pembelajaran tematik. ABSTRACT The problem of this study was the low learning outcomes of learners on integrated learning. This study aimed to determine the effect of cooperative learning model type picture and picture towards learning outcomes of learners. The method used in this research is quasi experiment method. The research design used in this study was non equivalent control group design. This research used sampling technique non probability sampling. Type of research technique used was purposive sampling. The instruments used were non test and test. Data were analyzed using simple linear regression test. The result of data analysis can be concluded that there is influence of using cooperative learning model type picture and picture towards learning result on thematic teaching in class IV SD Negeri 3 Kartaraharja. Keywords: learning outcomes, Picture and Picture, Thematic Learning.