TY - GEN CY - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ID - eprints32582 UR - http://digilib.unila.ac.id/32582/ A1 - AYU IKA DHANNY , 1416031032 Y1 - 2018/07/25/ N2 - Pada abad ke 21 saat ini perkembangan teknologi informasi berpengaruh pada salah satu fenomena budaya pop yang memanfaatkan kemajuan media sosial yaitu Korean Pop (K-Pop). Kemudahan dunia teknologi juga membuat remaja lebih sering mengonsumsi media sosial instagram karena begitu banyaknya online shop bertemakan K-Pop yang menawarkan produk barang dan jasa yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motif penggemar K-Pop dalam membeli replika pakaian dan aksesoris di Online Shop Instagram dan di @Milky_Kshop. Teori yang digunakan adalah teori motivasi Maslow yang meliputi Fisiologis, Rasa Aman, Rasa Dimiliki, Ego dan Aktualisasi Diri. Serta teori motivasi konsumen McGuire yang terdiri Motivasi Pemeliharaan Kognitif, Motivasi Pertumbuhan Kognitif, Motivasi Pemeliharaan Afektif dan Motivasi Perkembangan Afektif. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara melalui whatsapp serta mengamati informan dalam membeli replika pakaian dan aksesoris di online shop instagram melalui foto atau video yang informan unggah di media sosial instagram. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi penggemar K-Pop membeli produk replika pakaian dan aksesoris di instagram karena penggemar K-Pop membutuhkan penghargaan diri, kepercayaan diri untuk mendapat apresiasi dari orang lain, dan memiliki manfaat tersendiri bagi pembeli. Sedangkan motivasi penggemar K-Pop membeli produk replika pakaian dan aksesoris di Milky_Kshop karena karena ingin menjalin hubugan atau komunikasi dengan penggemar K-Pop lainnya, merasa rasa aman, terpercaya dan puas terhadap pelayanan dari pemilik akun online shop tersebut.Saran untuk pengguna instagram dan penggemar budaya Korean Pop, sebaiknya individu memperhatikan dan memikirkan hal yang lebih penting lagi dikehidupan nyatanya. Kata kunci : Motivasi, Media Sosial, Teori Motivasi Abraham, Teori Motivasi Konsumen McGuire, K-Pop, Online Shop, Instagram ABSTRACT The last twenty years of the 21st century the development of the information technology impact on one of the pop culture phenomenon that utilizes advances in social media that is Korean Pop (K-Pop). The ease of the technology world also makes a teenager more often consuming social media instagram because so much online shop themed K-Pop that offer goods and services of interest. The purpose of this research is to know analyze motivation of K-Pop fans in buying replica clothing and accessories at Online Shop Instagram. The theory used is a motivational theory of Maslow which include physiological, sense of security, a sense of Belonging, Ego and Self-actualization. As well as the theory of consumer motivation McGuire consisting of motivation maintenance of cognitive, Cognitive Growth Motivation, motivation maintenance of Affective Affective Development and motivation. Research conducted qualitative descriptive nature. Data collection research is done by conducting interviews via whatsapp and observed the informants in buying replica clothing and accessories at online shop via instagram photo or video upload in the social media informer instagram. Data analysis using qualitative analysis. The results of this study indicate that the motivation of K-Pop fans buy replica clothing and accessories on instagram because K-Pop fans need self-esteem, confidence to get appreciation from others, and has its benefits for the buyer. While the motivation of K-Pop fans buy replica clothing and accessories in Milky_Kshop because of hubugan or braiding for want of communication with other K-Pop fans, feel a sense of safe, reliable and content against the Ministry of account owner online shop. Advice for users and fans of Korean culture instagram Pop, the individual should pay attention and think about more important things again late in fact. Keywords: motivation, Social Media, Motivational Theory Motivation theory to consumer-Abraham, McGuire, K-Pop, Online Shop, Instagram PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - ANALISIS MOTIVASI PENGGEMAR KOREAN POP DALAM MEMBELI REPLIKA PAKAIAN DAN AKSESORIS DI ONLINE SHOP INSTAGRAM (STUDI ANALISIS PADA PEMBELI DI AKUN INSTAGRAM @MILKY_KSHOP) AV - restricted ER -