TY - THES ID - eprints32594 UR - http://digilib.unila.ac.id/32594/ A1 - F BAYU NIRWANA, 1523022010 Y1 - 2018/06/06/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan strategi pembelajaran berbasis inkuiri yang valid, 2) mengetahui efektivitasnya, dan 3) mengetahui respon guru dan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran. Peneliti menggunakan Metode Research and Development (R & D) model Dick dan Carey dengan langkah identifikasi kebutuhan dan menentukan tujuan, analisis strategi, identifikasi karakteristik siswa, merumuskan tujuan kinerja, dan pengembangan strategi pembelajaran. Penelitian dilakukan pada tiga SMA di Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan: 1) uji validasi substansi dan konstruksi masingmasing 78,5% dan 75,25% dengan kategori tinggi, 2) strategi hasil pengembangan efektif membangun keterampilan argumentasi siswa, didasarkan atas adanya peningkatan keterampilan argumentasi secara signifikan dengan nilai sig < 0,05, dan 3) hasil wawancara menunjukkan 66,67% guru setuju untuk menerapkan strategi hasil pengembangan. Hasil wawancara juga menunjukkan 88,89% siswa merasa termotivasi selama proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Inkuiri, Keterampilan Argumentasi, Strategi Pembelajaran PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA AV - restricted ER -