creators_name: F BAYU NIRWANA, 1523022010 creators_id: yespunyaemail@gmail.com type: thesis datestamp: 2018-08-06 03:22:32 lastmod: 2018-08-06 03:22:32 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan strategi pembelajaran berbasis inkuiri yang valid, 2) mengetahui efektivitasnya, dan 3) mengetahui respon guru dan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran. Peneliti menggunakan Metode Research and Development (R & D) model Dick dan Carey dengan langkah identifikasi kebutuhan dan menentukan tujuan, analisis strategi, identifikasi karakteristik siswa, merumuskan tujuan kinerja, dan pengembangan strategi pembelajaran. Penelitian dilakukan pada tiga SMA di Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan: 1) uji validasi substansi dan konstruksi masingmasing 78,5% dan 75,25% dengan kategori tinggi, 2) strategi hasil pengembangan efektif membangun keterampilan argumentasi siswa, didasarkan atas adanya peningkatan keterampilan argumentasi secara signifikan dengan nilai sig < 0,05, dan 3) hasil wawancara menunjukkan 66,67% guru setuju untuk menerapkan strategi hasil pengembangan. Hasil wawancara juga menunjukkan 88,89% siswa merasa termotivasi selama proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Inkuiri, Keterampilan Argumentasi, Strategi Pembelajaran date: 2018-06-06 date_type: published institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters citation: F BAYU NIRWANA, 1523022010 (2018) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/32594/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32594/2/TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32594/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf