?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=RANCANG+BANGUN+APLIKASI+GAME+EDUKASI+KOPER+APUNG+(KOLEKSI+PERMAINAN+AKSARA+LAMPUNG)+BERBASIS+ANDROID&rft.creator=AYU+%2C+DIAN+PAMUNGKAS&rft.subject=620+Ilmu+teknik+dan+ilmu+yang+berkaitan&rft.description=Indonesia+merupakan+negara+yang+memiliki+keanekaragaman+budaya+didalamnya.Salah+satu+bentuk+keanekaragaman+budaya+yaitu+setiap+daerah+di+Indonesia+memiliki+bahasa+daerah+yang+mencirikan+wilayah+tersebut.+Beberapa+bahasa+daerah+memiliki+aksara+tersendiri+dalam+penulisannya.+Salah+satunya+adalah%0D%0ABahasa+Lampung.+Meskipun+demikian%2C+sarana+belajar+Aksara+Lampung+masih+terbatas.+Oleh+karena+itu%2C+dibuatlah+aplikasi+game+edukasi+Koper+Apung+(Koleksi+Permainan+Aksara+Lampung)+menggunakan+engine+Construct+2+yang+dikemas+dalam+bentuk+aplikasi+telepon+pintar+berbasis+android.+Metode+penelitian+yang+digunakan+adalah+Metode+Scrum.+Metode+Scrum+adalah+metode+kerja+yang+menggunakan+iterasi+dan+penambahan+kerangka+kerja.+Siklus+kerja+yang+digunakan+disebut+dengan+sprint.+Sprint+dilakukan+sebanyak+2+kali+dengan+lama+waktu+sprint+masing+-+masing+adalah+20+hari.+Terdapat+5+tahapan+pengujian+yang+terdiri+dari+beberapa+aspek+yaitu%2C+instrumen+materi%2C+portability%2C+functionality%2C+user+acceptance+test%2C+efficiency%2C+dan+evaluasi+kemampuan+responden.+Hasil+pengujian+aspek+portability+menunjukkan+game+dapat+berjalan+dengan+baik+pada+perangkat+android+dengan+versi+minimal+4.1.+Pengujian+functionality+menunjukkan+seluruh+asset+game+100%25+dapat+berjalan+baik.+User+acceptance+test+menunjukkan+predikat+sangat+baik+dengan+persentase+95%2C77%25.+Pengujian+efficiency+menunjukkan+game+menggunakan+CPU+sebesar+15+%25+dan+RAM+400+MB.+Sedangkan+pada+tahap+evaluasi%2C+tingkat+kelulusan+responden+meningkat+dari+sebelumnya+36+%25+menjadi%0D%0A96+%25.+Sehingga%2C+game+Koper+Apung+dinilai+efektif+digunakan+sebagai+salah+satu+media+belajar+Aksara+Lampung.+%0D%0AKata+kunci+%3A+Android%2C+construct+2%2C+metode+scrum%2C+game+edukasi%2C+dan+Aksara%0D%0ALampung.+&rft.publisher=UNIVERSITAS+LAMPUNG&rft.date=2017-12-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32602%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32602%2F9%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32602%2F10%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++AYU+%2C+DIAN+PAMUNGKAS++(2017)+RANCANG+BANGUN+APLIKASI+GAME+EDUKASI+KOPER+APUNG+(KOLEKSI+PERMAINAN+AKSARA+LAMPUNG)+BERBASIS+ANDROID.++UNIVERSITAS+LAMPUNG%2C+FAKULTAS+TEKNIK.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32602%2F