TY - GEN CY - FAKULTAS KEDOKTERAN ID - eprints32618 UR - http://digilib.unila.ac.id/32618/ A1 - ANINDA NUR KUMALASARI , 1418011019 Y1 - 2018/06/05/ N2 - ABSTRAK Latar Belakang: Clinical reasoning merupakan kumpulan pemikiran yang kompleks dalam proses pengambilan keputusan diagnosis yang melibatkan pengalaman, keterampilan, dan pemikiran reflektif. Mahasiswa fakultas kedokteran menjalani tahap pre-klinik dan klinik yang dimana Clinical reasoning harus dilatih sedini mungkin sehingga dapat menghasilkan kualitas mahasiswa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan skor clinical reasoning pada mahasiswa tahap pre-klinik dan mahasiswa tahap kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis consecutive sampling dan alat ukur berupa script concordance test. Analisis data dilakukan dengan uji independent T test. Hasil: Penelitian dilakukan pada 124 responden dengan hasil uji independent T test menunjukan skor pada mahasiswa tahap preklinik dengan rerata 4,927± 1,3727 sedangkan skor pada mahasiswa tahap kepaniteraan klinik dengan rerata 5,416± 1,6020 dengan p=0,041. Terdapat perbedaan yang bermakna skor clinical reasoning mahasiswa kedokteran tahap pre-klinik dan tahap kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kesimpulan : Penelitian ini memiliki perbedaan bermakna antara skor clinical reasoning mahasiswa kedokteran tahap pre-klinik dan tahap kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata Kunci: Clinical reasoning, preklinik, klinik PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PERBEDAAN SKOR CLINICAL REASONING MAHASISWA TAHAP PRE-KLINIK DAN TAHAP KEPANITERAAN KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG AV - restricted ER -