TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3264 UR - http://digilib.unila.ac.id/3264/ A1 - Niyem , 1013109127 Y1 - 2014/09/18/ N2 - Penelitian ini di latar belakangi rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa, dan Penelitian bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui metode pembelajaran penemuan terbimbingmata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 4Kresnowidodo Tegineneng. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan alat tes. Hasil penelitian siklus I rata-rata aktivitas siswa berada pada kategori aktif yaitu 75%, pada siklus II berada pada kategori sangat aktif yaitu 96,87%. Prestasi belajar siswa pada siklus I berada pada ketegori cukup yaitu 56,25%, pada siklus II berada pada kategori sangat baik yaitu 93,75%. Kata Kunci: metode penemuan terbimbing, aktivitas, prestasi belajar. PB - FKIP TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 4 KRESNO WIDODO TEGINENENG AV - restricted ER -