?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=MENINGKATKAN++HASIL+BELAJAR+IPS+MELALUI+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+TEAM+GAME+TOURNAMENT++%0D%0ASISWA++KELAS+V+SD+N+3+BRAJASAKTI+++%0D%0ATAHUN+2017%0D%0A&rft.creator=+FRANSISKUS+ALPENDI%2C+1313053066&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Penelitian+ini+dilatarbelakangi+karena+rendahnya+hasil+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+Ilmu+Pengetahuan+Sosial+(IPS)+kelas+V+SD+Negeri+3+Braja+Sakti+yang+menunjukan+dari+21+siswa%2C+terdapat+11+siswa+(52%2C38%25)+belum+mencapai+KKM+yang+ditetapkan+yaitu+67.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+meningkatkan+hasil+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+IPS+dengan+menerapkan+model+cooperative+learning+tipe+Team+Game+Tournament+(TGT).+Jenis+penelitian+yang+digunakan+adalah+penelitian+tindakan+kelas+(classroom+action+reseach).+Prosedur+dilaksanakan+2+siklus%2C+setiap+siklus+terdiri+dari+perencanaan+(planing)%2C+pelaksanaan+(acting)%2C+observasi+(observing)%2C+refleksi+(reflecting).+Pengumpulan+data+dilakukan+melalui+observasi+dan+tes%2C+menggunakan+lembar+observasi+dan+soal+tes+untuk+mengukur+kinerja+guru%2C+dan+hasil+belajar+siswa.+Data+yang+terkumpul+kemudian+dianalisis+menggunakan+analisis+kualitatif+dan+kuantitaif.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat+peningkatan+pada+hasil+belajar+siswa+setelah+menerapkan+model+cooperative+learning+tipe+Team+Game+Tournament.+Pada+siklus+I%2C+nilai+rata-rata+afektif+siswa+sebesar+65%2C75+dengan+ketuntasan+70%25+(katagori+%3ABaik%E2%80%9D).+Pada+siklus+II+nilai+rata-rata+afektif+siswa+sebesar+76%2C25+dengan+presentase+ketuntasan+80%25+(katagori+%E2%80%9CBaik%E2%80%9D).+Rata-rata+nilai+psikomotor+siswa+pada+siklus+I+sebesar+65%2C50+dengan+presentase+ketuntasan+sebesar+60%25+(katagori+%E2%80%9CCukup+Terampil%E2%80%9D).+Pada+siklus+II+sebesar+76%2C50+dengan+presentase+ketuntasan+sebesar+85%25+(katagori+%E2%80%9CSangat+Terampil%E2%80%9D).+Rata-rata+nilai+koqnitif+siswa+pada+siklus+I+sebesar+68%2C1+dengan+presentase+ketuntasan+sebesar+60%25+(katagori+%E2%80%9CCukup+Tinggi%E2%80%9D).+Pada+siklus+I+sebesar+79%2C8+dengan+presentase+ketuntasan+80%25+(katagori+%E2%80%9CTinggi%E2%80%9D).Nilai+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+yaitu+69%2C90+dan+meningkat+sebesar+4%2C38+menjadi+74%2C28+pada+siklus+II.+Persentase+ketuntasan+hasil+belajar+pada+siklus+I++61%2C90%25+(kategori+cukup+baik)+dan+meningkat+menjadi+80%2C95%25+(kategori+sangat+baik)+pada+siklus+II.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A%2CCooperative+learning%2C+hasil+belajar%2C+TGT.%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=UNIVERSITAS+LAMPUNG&rft.date=2017-04-24&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32648%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32648%2F1%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32648%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++FRANSISKUS+ALPENDI%2C+1313053066++(2017)+MENINGKATKAN+HASIL+BELAJAR+IPS+MELALUI+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+TEAM+GAME+TOURNAMENT+SISWA+KELAS+V+SD+N+3+BRAJASAKTI+TAHUN+2017.++UNIVERSITAS+LAMPUNG%2C+FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32648%2F