<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA"^^ . "Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS berbasis multiple\r\nrepresentasi untuk meningkatkan kemampuan metakognisi, dan kemampuan\r\npemecahan masalah yang memenuhi unsur kelayakan (valid, praktis, dan efektif).\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R &\r\nD) mengikuti langkah-langkah Borg, et al. (2003) yang disederhanakan menjadi\r\nempat tahap, yaitu: studi pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, uji lapang,\r\ndan desiminasi. Tahap Studi Pendahuluan yaitu melakukan analisis kebutuhan,\r\nobservasi kelas, penyebaran angket, dan mengkaji literatur. Tahap perencanaan dan\r\npengembangan, yaitu menyusun LKS pada materi listrik dinamis berbasis multiple\r\nrepresentasi, membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan, dan\r\nangket. LKS berbasis Multiple Representasi (draft 1) divalidasi oleh beberapa ahli\r\nPendidikan Fisika. Tahap ini menghasilkan LKS (draft II), Tahap uji lapang, yaitu\r\ndigunakan untuk menguji LKS (draft II) yang terdiri atas uji coba terbatas dan skala\r\nDenti Septi Aria Sandy\r\niii\r\nluas. Desain uji lapang menggunakan the static group pretest-postes design. Alat\r\npengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan angket. Data\r\ndianalisis dengan analisis deskripsi dan inferensial dengan menggunakan uji T\r\nberpasangan. Hasil yang diperoleh adalah: (1) kevalidan LKS yang ditunjukkan oleh\r\nhasil penyebaran angket penilaian produk kepada dua dosen dan satu guru pendidikan\r\nfisika yang rata-rata nilai validitas isi dan validitas konstruk yang tinggi, (2)\r\nkepraktisan LKS yang ditunjukkan oleh hasil penyebaran lembar observasi kepada\r\ndua orang pengamat dan siswa dengan rata-rata persentase keterlaksanaan LKS setiap\r\npertemuan termasuk katagori sangat tinggi, dan kemampuan guru dalam mengelola\r\npembelajaran sangat tinggi, (3) Keefektifan LKS ditunjukkan oleh hasil penyebaran\r\nlembar observasi kepada dua orang pengamat dengan rata-rata persentase aktivitas\r\nsiswa dalam pembelajaran termasuk katagori aktif, penyebaran soal tes kepada siswa\r\ndengan hasil tes kemampuan metakognisi dan pemecahan masalah siswa meningkat,\r\ndan hasil penyebaran angket kepada siswa respon siswa terhadap LKS sangat positif,,\r\nsehingga LKS layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan\r\nkemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran materi listrik dinamis.\r\nKata Kunci: LKS Multiple Representasi, Kemampuan Metakognisi, Kemampuan\r\nPemecahan Masalah.\r\n\r\n\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nThe purpose of this research is to develop student worksheet based on multiple\r\nrepresentation to improve metacognition ability, and problem solving ability. The\r\nmethod used in this research is research and development (R & D) following the steps\r\nof Borg, et al. (2003) which simplified into four stages: preliminary study, planning\r\nand development, field test, and desimination. introduction study stage is doing needs\r\nanalysis, class observation, questionnaire distribution, and reviewing the literature.\r\nPlanning and development phase, which is arranging student worksheet on dynamic\r\nelectrical materials based on multiple representation, making learning plan,\r\nobservation sheet, and questionnaire. student worksheet based on multiple\r\nrepresentations (draft 1) was validated by three experts. This stage produces student\r\nworksheet (draft II), Field test phase, used to test student worksheet (draft II)\r\nDenti Septi Aria Sandy\r\nv\r\nconsisting of limited and large scale trials. The field test design uses the static group\r\npretest-postes design. Data collection tools in this study are tests, observation sheets,\r\nand questionnaires. Data were analyzed by descriptive and inferential analysis using\r\npairwise t test. The results obtained are: (1) validity student worksheet indicated by\r\nthe result of product assessment questionnaires distributed to two lecturers and one\r\nphysics education teacher whose average content validity and high construct validity,\r\n(2) practicality student worksheet observation by two observers and students with\r\naverage percentage of student worksheet very high category, and ability of teacher in\r\nmanaging learning is very high, (3) effectiveness of student worksheet is shown by\r\nresult of spread of observation sheet to two observer with average percentage student\r\nactivity in learning including active category, dissemination of test questions to\r\nstudents with metacognition ability test result and problem solving of student\r\nincrease, and result of questionnaire dissemination to student response of student to\r\nstudent worksheet very positive, so student worksheet feasible use to improve\r\nmetacognisi ability and problem solving ability on the learner a dynamic electrical\r\nmaterial.\r\nKeywords: Student worksheet multiple representation, metacognition ability,\r\nproblem solving ability"^^ . "2018-07-07" . . . . . "Universitas Lampung"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung"^^ . . . . . . . . . "1623022017"^^ . "DENTI SEPTI ARIA SANDY"^^ . "1623022017 DENTI SEPTI ARIA SANDY"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI\r\nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN\r\nMASALAH SISWA SMA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #32650 \n\nPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI \nLISTRIK DINAMIS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI \nUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN \nMETAKOGNISI DAN PEMECAHAN \nMASALAH SISWA SMA\n\n" . "text/html" . . . "LB Theory and practice of education"@en . . . "QC Physics"@en . .