%A 1413022024 EVELYNE MEGA PATRICIA %T PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI FLUIDA DINAMIS %X Kurikulum 2013 menuntut peserta didik aktif saat pembelajaran berlangsung melalui pendekatan ilmiah, tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan guru masih dominan. LKPD yang menuntun peserta didik menemukan konsep fluida dinamis melalui pembelajaran discovery belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis discovery learning pada materi fluida dinamis yang valid dan mengetahui kemenarikan, kemanfaatan, serta kemudahannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dimulai dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk hasil pengembangan tervalidasi ahli, 94,9% dengan kategori sangat baik. Produk pengembangan juga memiliki kemenarikan 3,23 dengan kategori menarik, kemanfaatan 3,36 dengan kategori sangat bermanfaat, dan kemudahan 3,30 dengan kategori sangat mudah digunakan. Produk pengembangan efektif digunakan dalam pembelajaran SMA dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Kata kunci : Discovery Learning, Fluida Dinamis, LKPD, Pengembangan %D 2018 %C Universitas Lampung %R 1413022024 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints32669