creators_name: YUNDA SETIYOWATI , 1413021080 creators_id: yunda3596@gmail.com type: other datestamp: 2018-08-07 06:15:04 lastmod: 2018-08-07 06:15:04 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 2 Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2017/2018) ispublished: pub subjects: L1 subjects: QA full_text_status: restricted abstract: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dan VII-3 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Pengaruh, Komunikasi Matematis, Problem Based Learning date: 2018-08-02 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: YUNDA SETIYOWATI , 1413021080 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 2 Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2017/2018). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/32685/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32685/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32685/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf