TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints32712 UR - http://digilib.unila.ac.id/32712/ A1 - ATIKA ADILAH, 1413053018 Y1 - 2018/05/07/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Bukit Kemiling Permai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar IPS. Desain penelitian ini adalah the non equivalent control group design dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 40 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan nonprobablity sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, artinya terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran TTW dengan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Bukit Kemiling Permai. Kata kunci: think talk write, lembar kerja siswa, hasil belajar, IPS. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BUKIT KEMILING PERMAI AV - restricted ER -