creators_name: TIARA SHAVIRA , 1413022068 creators_id: tiarashavira068@gmail.com type: other datestamp: 2018-08-08 04:34:32 lastmod: 2018-08-08 04:34:32 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTAAGUNG ispublished: pub subjects: LB subjects: QC full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul kontekstual berbasis multirepresentasi terhadap kemampuan berpikir kritis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 Kota Agung. Penelitian ini dilakukan menggunakan quasi eksperimental dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisi N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji Paired Sample T Test, dan Analysis Of Covariance. Hasil dari uji paired sample t test nilai thitung > ttabel (42,225 > 1,695) dan nilai sig (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan rata-rata nilai posttest Hasil dari uji nilai Analysis Of Covariance nilai Fhitung > Ftabel (13,075 > 4,00) dan sig (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan nilai N-gain, rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas eskperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan kategori sedang sebesar 0,60. Penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi Hukum Newton tentang gravitasi mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Muhammadiyah 1 Kota Agung. Kata kunci: Modul Pembelajaran Kontekstual, Multirepresentasi, Kemampuan Berpikir Kritis date: 2018-08-03 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 1413022068 citation: TIARA SHAVIRA , 1413022068 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTAAGUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/32719/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32719/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32719/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf