title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO BARAT creator: ADELIA SUKMAYANTI , 1413053004 subject: LB1501 Primary Education description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 56,46 sedangkan pada kelas kontrol 58,33. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 72,50 sedangkan pada kelas kontrol 65,63. Hasil diperoleh data t hitung sebesar 2,057 sedangkan t menunjukan (2,057 > 2,021) berarti H tabel sebesar 2,021, perbandingan tersebut a diterima. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Model Inkuiri. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2018-05-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32732/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32732/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32732/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: ADELIA SUKMAYANTI , 1413053004 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO BARAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/32732/