%A 1413043029 NOVELLY MUTIARA ANDINI %T EVALUASI DIAGNOSTIK PADA PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMPN 4 PRINGSEWU %X Penelitian ini membahas tentang evaluasi diagnostik pada pembelajaran tari bedana di SMPN 4 Pringsewu. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi diagnostik pada pembelajaran tari bedana di SMPN 4 Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru yang mengajar di kegiatan ekstrakurikuler tari dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Guru melakukan tahapan evaluasi diagnostik berdasarkan penyebab kesulitan belajar siswa yang dibagi menjadi 3 yaitu kemampuan psikomotor, afektif siswa, dan faktor keluarga. Tahapan yang dilakukan untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar karena kemampuan psikomotor ada 5 tahap yaitu pengumpulan data, pengolahan data, diagnosis, treatment, dan evaluasi. Tahapan yang dilakukan untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar karena afektifnya ada 6 tahap yaitu pengumpulan data, pengolahan data, diagnosis, prognosis, treatment dan evaluasi. Sedangkan tahapan yang dilakukan untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar karena faktor keluarga ada 3 yaitu pengumpulan data, pengolahan data, dan diagnosis. Kata kunci : pembelajaran, evaluasi diagnostik, tari bedana. ABSTRACT This research discusses the diagnostic evaluation on the learning of bedana dance at SMPN 4 Pringsewu. The purpose of the study was to describe the implementation of diagnostic evaluation on the learning of bedana dance at SMPN 4 Pringsewu. The type of this research is descriptive qualitative. Instrument of data collection in this research that is observation, interview, documentation and practice test. Sources of data in this study are teachers who teach in extracurricular activities dance and students who follow extracurricular activities dance. Teachers perform diagnostic evaluation stages based on the causes of learning difficulties students are divided into 3 namely psychomotor ability, affective students, and family factors. Stages performed for students who have learning difficulties due to psychomotor ability there are 5 stages of data collection, data processing, diagnosis, treatment, and evaluation. Stages performed for students who have learning difficulties because affective there are 6 stages of data collection, data processing, diagnosis, prognosis, treatment and evaluation. While the stages performed for students who have difficulty learning because of family factors there are 3 data collection, data processing, and diagnosis. Keywords: learning, diagnostic evaluation, dance bedana. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2018 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints32751