TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints32806 UR - http://digilib.unila.ac.id/32806/ A1 - ADE RIZKI RAMADHAN, 1341011002 Y1 - 2018/07/26/ N2 - Kebutuhan akan makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar manusia yang wajib terpenuhi sehingga bisnis kuliner menjadi trend dikalangan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah bisnis cafe yaitu suatu tempat sederhana dan cukup menarik bukan hanya untuk meminum minuman dingin dan manis tetapi juga untuk memesan makanan, salah satunya adalah Granny?s Nest café and resto di Bandar Lampung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Granny?s Nest café and resto yang berada di Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Granny?s Nest café and resto di Bandar Lampung. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen yang pernah membeli produk dan melakukan kunjungan di Granny?s Nest café and resto di Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kulitas Pelayanan (X) tangible (X1) reliability (X2) responsivness (X3) assurance (X4) empathy (X5) berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen. Variabel yang berpengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen adalah empathy, sedangkan variabel yang berpengaruh terkecil adalah assurance. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen. abstract The need for food and beverages is a basic human needs that must be met so that the culinary business becomes a trend among the people of Indonesia. One of them is the cafe business is a simple place and interesting enough not only to drink but also to eat, one of which is Granny's Nest café and resto in Bandar Lampung. The problem in this research is whether the quality of service affect the customer satisfaction at Granny's Nest café and resto located in Bandar Lampung. The purpose of this study is to determine the effect of service quality on customer satisfaction at Granny's Nest café and resto in Bandar Lampung. The population in this study were consumers who had purchased the product and made a visit at Granny's Nest café and resto in Bandar Lampung. The results of this study indicate that the variables of Service Quality (X) tangible (X1) reliability (X2) responsiveness (X3) assurance (X4) empathy (X5) have a positive effect on Consumer Satisfaction. Variables that have the greatest impact on customer satisfaction are empathy, while the smallest variable is assurance. Keywords: Service Quality, Consumer Satisfaction. PB - Fakultas Ekonomi dan Bisnis TI - PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GRANNY?S NEST CAFE AND RESTO DI BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -