TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3281 UR - http://digilib.unila.ac.id/3281/ A1 - Hetty Sarinah Samosir, 0913022049 Y1 - 2014/08/19/ N2 - Pembelajaran fisika menggunakan bahasa pengantar Inggris mempersiapkan siswa untuk memiliki kompetensi global yang dapat bersaing secara internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh signifikan kemampuan bahasa Inggris terhadap hasil belajar fisika siswa menggunakan model Inkuiri. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bandar Lampung semester ganjil sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VII6 dan VII7. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data pada penelitian ini terdapat dua jenis, yaitu kemampuan bahasa Inggris dan hasil belajar fisika. Data kemampuan bahasa Inggris diperoleh dari tes TOEFL Junior yang diterbitkan oleh Educational Testing Service, Princeton University. Data hasil belajar fisika materi Kalor diperoleh menggunakan posttest tipe Inkuiri. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana pada penelitian ini, diperoleh nilai koefisien korelasi atau nilai R sebesar 0,747 berkategori korelasi tinggi dan diperoleh nilai koefisien determinasi atau R squared sebesar 0,558 yang menunjukkan bahwa kemampuan bahasa Inggris memiliki pengaruh kontribusi sebesar 55,8 % terhadap hasil belajar Fisika menggunakan model Inkuiri. Persamaan uji regresinya, yaitu Y= -80,046 + 0,207 X. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif, di mana semakin tinggi kemampuan bahasa Inggris, maka hasil belajar fisika siswa menggunakan model Inkuiri semakin tinggi juga. Dari uji regresi tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan bahasa Inggris terhadap hasil belajar fisika menggunakan model Inkuiri di SMPN 2 Bandar Lampung. PB - FKIP TI - PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DI SMPN 2 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -