@misc{eprints3282, month = {September}, title = {PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT DAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 GUMUKMAS PAGELARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 }, author = {1013053004 AYU RIZKI SUSILOWATI}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {FKIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/3282/}, abstract = {ABSTRAK PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT DAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 GUMUKMAS PAGELARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh Ayu Rizki Susilowati Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Gumukmas Pagelaran pada mata pelajaran yang tergabung dalam tema Tempat Tinggalku, yaitu Bahasa Indonesia, PPKn, IPA dan IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tema Tempat Tinggalku menggunakan model Team Games Tournament (TGT)dan peningkatan hasil belajar tema Tempat Tinggalku menggunakan media grafis pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Gumukmas. Model TGT merupakan salah satu jenis model pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan dengan adanya turnamen akademik. Ada banyak macam jenis media, salah satunya adalah media grafis. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri atas 2 pertemuan dan dilaksanakan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa setiap siklusnya. Pada hasil belajar afektif, persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I untuk sikap kerjasama adalah 36\%. Persentase tersebut mengalami peningkatan pada siklus II, yaitu 88\%. Untuk sikap menghargai, persentase yang diperoleh pada siklus I yaitu 48\%, sedangkan pada siklus II yaitu 80\%. Pada sikap peduli, persentase yang diperoleh dalam siklus I yaitu 48\%, sedangkan dalam siklus II yaitu 72\%. Pada hasil belajar psikomotor, persentase ketuntasan yang diperoleh pada keterampilan mengolah informasi dalam siklus I yaitu 28\%, sedangkan siklus II yaitu 60\%. Pada keterampilan mengamati, persentase yang diperoleh dalam siklus I yaitu 52\%, sedangkan dalam siklus II mencapai 84\%. Pada keterampilan menganalisa, persentase yang diperoleh dalam siklus I adalah 24\%, sedangkan siklus II 60\%. Pada hasil belajar kognitif, persentase ketuntasan yang diperoleh pada saat pra siklus adalah 33\%, sedangkan setelah dilaksanakannya siklus I, yaitu 60\%. Dalam siklus II, belajar yang diperoleh siswa pun mengalami peningkatan, yaitu 76\%. Kata kunci: hasil belajar siswa, tema tempat tinggalku, model tgt, media grafis } }