?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+HASIL+BELAJAR+TEMA+TEMPAT+TINGGALKU+MENGGUNAKAN+MODEL+TEAM+GAMES+TOURNAMENT+DAN+MEDIA+GRAFIS+PADA+SISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+1+GUMUKMAS+PAGELARAN+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014%0D%0A&rft.creator=AYU+RIZKI+SUSILOWATI%2C+1013053004&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=ABSTRAK%0D%0A%0D%0A%0D%0APENINGKATAN+HASIL+BELAJAR+TEMA+TEMPAT+TINGGALKU%0D%0AMENGGUNAKAN+MODEL+TEAM+GAMES+TOURNAMENT%0D%0ADAN+MEDIA+GRAFIS+PADA+SISWA+KELAS+IV%0D%0ASD+NEGERI+1+GUMUKMAS+PAGELARAN%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014%0D%0A%0D%0AOleh%0D%0A%0D%0AAyu+Rizki+Susilowati%0D%0A%0D%0APenelitian+ini+dilatarbelakangi+oleh+rendahnya+hasil+belajar+siswa+kelas+IV+SD+Negeri+1+Gumukmas+Pagelaran+pada+mata+pelajaran+yang+tergabung+dalam+tema+Tempat+Tinggalku%2C+yaitu+Bahasa+Indonesia%2C+PPKn%2C+IPA+dan+IPS.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+peningkatan+hasil+belajar+tema+Tempat+Tinggalku+menggunakan+model+Team+Games+Tournament+(TGT)dan+peningkatan+hasil+belajar+tema+Tempat+Tinggalku+menggunakan+media+grafis+pada+siswa+kelas+IV+SD+Negeri+1+Gumukmas.+Model+TGT+merupakan+salah+satu+jenis+model+pembelajaran+kooperatif+yang+dilaksanakan+dengan+adanya+turnamen+akademik.+Ada+banyak+macam+jenis+media%2C+salah+satunya+adalah+media+grafis.%0D%0AMetode+penelitian+menggunakan+Penelitian+Tindakan+Kelas+dengan+dua+siklus+yang+terdiri+atas+2+pertemuan+dan+dilaksanakan+melalui+empat+tahapan%2C+yaitu+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+pengamatan+dan+refleksi.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+adanya+peningkatan+persentase+hasil+belajar+siswa+setiap+siklusnya.+Pada+hasil+belajar+afektif%2C+persentase+ketuntasan+yang+diperoleh+pada+siklus+I+untuk+sikap+kerjasama+adalah+36%25.+Persentase+tersebut+mengalami+peningkatan+pada+siklus+II%2C+yaitu+88%25.+Untuk+sikap+menghargai%2C+persentase+yang+diperoleh+pada+siklus+I+yaitu+48%25%2C+sedangkan+pada+siklus+II+yaitu+80%25.+Pada+sikap+peduli%2C+persentase+yang+diperoleh+dalam+siklus+I+yaitu+48%25%2C+sedangkan+dalam+siklus+II+yaitu+72%25.+Pada+hasil+belajar+psikomotor%2C+persentase+ketuntasan+yang+diperoleh+pada+keterampilan+mengolah+informasi+dalam+siklus+I+yaitu+28%25%2C+sedangkan+siklus+II+yaitu+60%25.+Pada+keterampilan+mengamati%2C+persentase+yang+diperoleh+dalam+siklus+I+yaitu+52%25%2C+sedangkan+dalam+siklus+II+mencapai+84%25.+Pada+keterampilan+menganalisa%2C+persentase+yang+diperoleh+dalam+siklus+I+adalah+24%25%2C+sedangkan+siklus+II+60%25.+Pada+hasil+belajar+kognitif%2C+persentase+ketuntasan+yang+diperoleh+pada+saat+pra+siklus+adalah+33%25%2C+sedangkan+setelah+dilaksanakannya+siklus+I%2C+yaitu+60%25.+Dalam+siklus+II%2C+belajar+yang+diperoleh+siswa+pun+mengalami+peningkatan%2C+yaitu+76%25.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+hasil+belajar+siswa%2C+tema+tempat+tinggalku%2C+model+tgt%2C+media+grafis%0D%0A&rft.publisher=FKIP&rft.date=2014-09-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F1%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F3%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F4%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F5%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F6%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F7%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F8%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F10%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F9%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F11%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F12%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F13%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F14%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F15%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F16%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F17%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F18%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F20%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F21%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F22%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++AYU+RIZKI+SUSILOWATI%2C+1013053004++(2014)+PENINGKATAN+HASIL+BELAJAR+TEMA+TEMPAT+TINGGALKU+MENGGUNAKAN+MODEL+TEAM+GAMES+TOURNAMENT+DAN+MEDIA+GRAFIS+PADA+SISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+1+GUMUKMAS+PAGELARAN+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014.++FKIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3282%2F