TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints32904 UR - http://digilib.unila.ac.id/32904/ A1 - ARINA UMU KAMILA , 1413022006 Y1 - 2018/08/13/ N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) model Blended Learning berorientasi Higher Order Thingking Skills (HOTS) yang teruji kelayakan dan kepraktisannya sehingga dapat digunakan untuk mempelajari materi Hukum Newton tentang Gravitasi di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian pengembangan model ADDIE dengan tahapan (1) Analysis (analisis), (2) Design (perancangan), (3) Develop (produksi), (4) Implement (implementasi), (5) Evaluated (evaluasi). Telah dilakukan uji validitas produk yang terdiri atas uji isi dan uji konstruk dengan tiga orang ahli. Uji isi dengan skor 3,43 (sangat valid), dan uji konstruk dengan skor 3,34 (sangat valid). Setelah dilakukan uji validitas selanjutnya dilakukan uji 1-1. Uji 1-1 terdiri atas uji kemenarikann LKS, dan uji kemudahan LKS dengan siswa SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Uji kemenarikan dengan skor 3,63 (sangat baik), uji kemudahan LKS dengan skor 3,61 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) model Blended Learning berorientasi Higher Order Thingking Skills (HOTS) layak digunakan dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Blended Learning, Higher Order Thingking Skills (HOTS) PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PEGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MODEL BLENDED LEARNING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINGKING SKILLS PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI AV - restricted ER -