<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . "Latar Belakang: Lingkungan belajar pendidikan kedokteran merupakan konteks\r\nfisik, non-fisik/sosial di mana mahasiswa belajar. Pendekatan belajar terdiri dari\r\npendekatan belajar dalam dan pendekatan belajar permukaan. Lingkungan belajar\r\nmenciptakan suasana belajar yang mempengaruhi perilaku dan upaya mahasiswa\r\nyang terlihat dari cara mereka memilih suatu pendekatan belajar tertentu (surface\r\napproach atau deep approach) yang akan mempengaruhi hasil belajar.\r\nTujuan: Mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dengan pendekatan\r\nbelajar mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.\r\nMetode: Penelitian ini merupakan studi potong lintang dengan jumlah sampel 214\r\nmahasiswa kedokteran tahun pertama. Data dikumpulkan dengan menggunakan\r\ninstrumen penelitian kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure\r\n(DREEM) dan Revised Two-Factor Study Process Questionnaire (R-SPQ-2F).\r\nData dianalsis menggunakan uji Fisher.\r\nHasil: Terdapat 87(40,7%) mahasiswa memiliki persepsi sangat baik terhadap\r\nlingkungan belajar dan 127(59,3%) memiliki persepsi baik. Terdapat 202(94,4%)\r\nmahasiswa yang menggunakan pendekatan belajar mendalam dan 12(5,6%)\r\npendekatan belajar permukaan. Mahasiswa yang memiliki persepsi sangat baik\r\nterhadap lingkungan belajar dengan pendekatan belajar mendalam sebanyak\r\n84(96,6%) dan yang menggunakan pendekatan permukaan sebanyak 3(3,4%).\r\nMahasiswa yang memiliki persepsi baik terhadap lingkungan belajar dengan\r\npendekatan belajar mendalam sebanyak 118(92,9%) dan yang menggunakan\r\npendekatan permukaan sebanyak 9(7,1%). Untuk melihat hubungan analisis\r\ndengan uji Fisher dan didapatkan nilai p 0,368 (>0,05).\r\nSimpulan: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara persepsi lingkungan\r\nbelajar terhadap pendekatan belajar mahasiswa tahun pertama di Fakultas\r\nKedokteran Universitas Lampung\r\nKata kunci: pembelajaran kedokteran, lingkungan belajar, pendekatan belajar\r\n\r\nabstract\r\n\r\nBackground: The learning environment in medical education cast of physical,\r\nnon-physical/social context in which students study. The learning approach\r\nconsists of a deep approach and a surface approach. The learning environment\r\ncreates an atmosphere of learning that influences student behaviors and efforts\r\nthat are visible from the way they choose a learning approach (surface approach or\r\ndeep approach) that ultimately affects learning outcomes.\r\nObjective: The study aim to find the relationship between the perception of\r\nlearning environment and learning approach among first year student at the\r\nMedical Faculty Lampung University.\r\nMethod: This is a cross sectional study with sample of 214 first year medical\r\nstudents. Data were collected using Dundee Ready Educational Environment\r\nMeasure (DREEM) and Revised Two-Factor Study Process Questionnaire (RSPQ-\r\n2F). Data were analyzed using Fisher exact test.\r\nResult: There are 87 (40,7%) students who have excellent perception to learning\r\nenvironment and 127 (59,3%) have good perception. There were 202 (94.4%)\r\nstudents using deep approach and 12 (5.6%) using surface approach. Students\r\nwho have excellent perceptions of the learning environment with deep approach is\r\n84 (96.6%) and using a surface approach is 3 (3.4%). Students who have a good\r\nperception of the learning environment with deep approach is 118(92.9%) and\r\nusing the surface approach is 9(7.1%). The data was statistically tested using\r\nFisher exact test and result of p value is 0,368 (>0,05).\r\nConclusion: There is no significant relationship between the perception of\r\nlearning environment and learning approach among first year student at the\r\nMedical Faculty Lampung University.\r\nKeywords: learning in medicine, learning environment, learning approach"^^ . "2018-02-22" . . . . . "FAKULTAS KEDOKTERAN"^^ . . . . . . . " 1418011067"^^ . "ECHA PUTRI ANJANI"^^ . " 1418011067 ECHA PUTRI ANJANI"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - ABSTRACT.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN\r\nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA\r\nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #32933 \n\nHUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN \nPENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA \nFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . "Psikologi (General)"@id . . . "L Education (General) = Pendidikan "@en . . . "LC Special aspects of education"@en . .