TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3295 UR - http://digilib.unila.ac.id/3295/ A1 - Annisaa Nur Ardia, 1013053002 Y1 - 2014/08/25/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik rendah. Permasalahannya adalah Apakah model kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tema cita-citaku. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pencapaian model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik tema cita-citaku. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model yang digunakan yaitu model kooperatif tipe Group Investigation dengan tahapan menurut Slavin: (1) mengidentifikasi topik dan mengatur murid ke dalam kelompok, (2) merencanakan tugas yang akan dipelajari, (3) melaksanakan investigasi, (4) menyiapkan laporan akhir, (5) mempresentasikan laporan akhir, (6) evaluasi. Penelitian dilaksanakan pada kegiatan belajar tema Cita-citaku sub tema Hebatnya Cita-citaku dengan objek penelitian berupa hasil belajar siswa meliputi nilai afektif, kognitif, serta psikomotor. Penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada sikus I didapatkan rerata nilai afektif spiritual 2,7; sosial 2,26; kognitif 69,677; dan psikomotor 1,96. Hasil belajar siklus II didapat rerata nilai: afektif spiritual 2,76; sosial 2,50; kognitif 90,645; psikomotor 2,52. Siklus III hasil rerata nilai: afektif spiritual 3,13; sosial 3,06; kognitif 91,333; dan psikomotor 3,32. Kata kunci: Hasil belajar, model kooperatif tipe Group Investigation (GI), subtema Hebatnya Cita-citaku. PB - FKIP TI - PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) KELAS IV SDN 2 LABUHAN RATU TAHUN 2013/2014 AV - restricted ER -