creators_name: DWI RESPITA NINGSIH, 1213052007 creators_id: respitadwi@gmail.com type: other datestamp: 2018-08-24 02:57:26 lastmod: 2018-08-24 02:57:26 metadata_visibility: show title: PENGGUNAAN INFORMASI JURUSAN BIDANG STUDI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PILIHAN STUDI LANJUT PADA SISWA SMP KELAS IX SMPN 3 NATAR TAHUN AJARAN 2016/2017 ispublished: pub subjects: LB full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini adalah kurangnya pemahaman pilihan studi lanjut siswa. Permasalahannya adalah “apakah terjadi peningkatan pemahaman pilihan studi lanjut setelah pemberian informasi jurusan bidang studi dalam layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX SMPN 3 Natar pada tahun ajaran 2016/2017?” Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman pilihan studi lanjut setelah diberikan informasi jurusan bidang studi dalam layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan preexperimental designs dengan desain the one group pretest postest. Subjek penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas IX SMP Negeri 3 Natar, yang pemahaman pilihan studi lanjutnya perlu ditingkatkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket pemahaman pilihan studi lanjut. Analisis data pada penelitian ini menggunakan perhitungan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman pilihan studi lanjut dapat ditingkatkan menggunakan informasi jurusan bidang studi dalam layanan bimbingan kelompok, terbukti dari hasil analisis data menggunakan perhitungan analisis menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai Zhitung = -2.816 < Ztabel = 1,645, Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 41%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : informasi jurusan bidang studi, bimbingan kelompok, pemahaman pilihan studi lanjut USE OF INFORMATION DEPARTMENT OF STUDY DEVELOPMENT IN GROUP MENTORING SERVICES TO INCREASE STUDENTS’ UNDERSTANDING STUDY SELECTION CHOICES OF JUNIOR HIGH SCHOOL 3 NATAR IX GRADE 2016/2017 The problem of this study was the lack of students’ understanding choice of advanced study. The problem was "is there an increasing understanding of the further study choice after the provision of information in the field of study in group guidance services in the students of Junior High School 3 Natar grade IX in the academic year 2016/2017?" The purpose of the study was to determine the increased understanding of advanced study options after given information majoring study in group guidance services. This study used pre-experimental designs with the one group pretest postest design. The subjects were 10 students of Junior High School 3 Natar grade IX, whose understanding of the further study choice needed to be improved. Data collecting techniques used a questionnaire advanced study understanding options. Data analysis used was wilcoxon test calculation. The result showed that the of the further study choice understanding can be improved by using the information in the field of study in the guidance services group, as evidenced by the results of data analysis using the calculation analysis using the test wilcoxon obtained value Zhitung = -2.816