@misc{eprints33093, month = {Agustus}, title = {GLOBALISASI NILAI-NILAI POSFEMINISME DAN AMERICAN DREAMS DALAM TAYANGAN MISS UNIVERSE 2015}, author = {1416071068 Rima Silviana Azizah}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/33093/}, abstract = {Nilai-nilai yang diusung penyelenggara ajang Miss Universe terkadang kontras dengan kondisi dunia dan bahkan bertentangan dengan nilai-nilai budaya beberapa negara. Tetapi negara-negara tersebut justru rutin berpartisipasi dan tayangan dari ajang tersebut bahkan lebih populer dari ajang lain khususnya di tahun 2015. Oleh karena, itu penelitian ini bertujuan membongkar nilai-nilai yang terkandung dalam tayangan Miss Universe 2015 dan menjelaskan globalisasinya. Landasan konseptual yang relevan digunakan yaitu globalisasi dan globalisasi budaya; teks dan media; semiotika; hierarcy of effect model; citra dan nilai; ide, identitas, dan ideologi; posfeminisme; dan American Dreams. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi budaya, yang menganalisis secara eksploratif dengan dua tahap; yang didukung data-data dari artikel maupun report dan wawancara dengan finalis Miss Universe 2015. Penelitian ini menemukan bahwa tayangan Miss Universe 2015 mengandung nilai-nilai posfeminisme dan American Dreams yang globalisasinya dilakukan melalui tiga jalur yaitu tiga aktor yang masing-masing melakukan tiga tahap konstruksi seperti penyebaran ide, pembentukan identitas, dan pergeseran ideologi. Media merupakan aktor utama yang didukung oleh Miss Universe beserta para finalis, dan semakin diperkuat oleh organisasi Miss Universe. Nilai-nilai tersebut di satu sisi adalah citra yang merefleksikan kondisi dunia, namun di lain sisi adalah citra yang dikonstruksi. Globalisasi tersebut bertujuan membangun kesadaran masyarakat dunia dan perlahan merubah tatanan dunia. Globalisasi ini pada akhirnya akan menciptakan budaya masyarakat yang cenderung homogen, meski terdapat kemungkinan juga akan terciptanya budaya heterogen ataupun hibrid. Kata kunci : Globalisasi Budaya, Miss Universe, Media, Teks, Semiotika, Nilai-Nilai, Posfeminisme, American Dreams. ABSTRACT The values that carried by the organizers of Miss Universe pageant sometimes contrast with the conditions of the world and even conflict with the cultural values of some countries. But these countries actually regularly participate and the show of the pageant be the most popular than other pageants, especially in 2015. Therefore, this research aims to break down the values that contained in the Miss Universe show 2015 and explain its globalization. The relevant conceptual foundation is globalization and cultural globalization; text and media; semiotics; hierarcy of effect model; image and value; ideas, identities, and ideologies; postfeminism; and American Dreams. This research use a qualitative approach of cultural studies, which analyzes exploratively in two stages; supported by data from articles and reports and interviews with finalists of Miss Universe 2015. This reserach found that Miss Universe show 2015 contained values of postfeminism and American Dreams which globalization was carried out through three lines, namely three actors who each carried out three stages of construction such as the spread of ideas, identity formation, and ideological friction. Media is the main actor supported by Miss Universe and the finalists, and more strengthened by Miss Universe organization. These values on the one hand are images that reflect conditions of the world, but on the other hand are constructed images. Globalization aims to build awareness of the world societies and slowly change the world order. This globalization will ultimately create a homogeneous societies culture, although there is also the possibility of heterogeneous or hybrid culture. Keywords : Cultural Globalization, Miss Universe, Media, Text, Semiotic, Values, Postfeminism, American Dreams.} }