@misc{eprints33219, month = {Agustus}, title = {IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017-2018}, author = {1413032011 AYU PURRY PURNAMA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/33219/}, abstract = {Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan perpanjangan waktu dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa; (1) proses implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam membentuk sikap sosial peserta didik dilakukan dengan cara : (a) menjalankan prinsip-prinsip dalam PPK yaitu melalui prinsip pengembangan PPK dengan menghidupkan nilai-nilai moral melalui kegiatan Pramuka yang merupakan penyumbang utama dalam pelaksanaan PPK serta melalui program-program pembiasaan yang ada di sekolah, melalui prinsip implementasi PPK dengan melibatkan orangtua dan masyarakat untuk mendukung PPK, serta melakukan evaluasi yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah, (b) menjalankan pendekatan-pendekatan dalam pendidikan karakter melalui keteladanan oleh guru, pembelajaran aktif dan berbasis kooperatif learning, melalui pembiasan dan penguatan program PPK serta melakukan penilaian (c) menyisipkan sumber-sumber nilai dalam pendidikan karakter yang lebih banyak menyisipkan nilai agama dan pancasila ke dalam program-program PPK di sekolah; Kata kunci : penguatan pendidikan karakter, peserta didik, sikap sosial } }