title: PEMBELAJARAN TARI DIBINGI BAKAS MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMKN 1 KRUI PESISIR BARAT creator: THANTIA OCZALINA, 1413043042 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: ML Literature of music description: Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran tari dibingi bakas menggunakan metode demonstrasi melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 1 Krui. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu terdiri dari satu orang guru pembimbing ekstrakurikuler dan enam belas siswa SMKN 1 Krui yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengamati aktivitas guru, aktivitas siswa, tes praktik, menganalisis data, mereduksi data, dan membuat kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tari dibingi bakas menggunakan metode demonstrasi melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 1 Krui sudah berjalan cukup baik dengan terpenuhinya indikator-indikator yang terdapat pada lembar aktivitas guru, diantaranya kemampuan guru membuka pembelajaran, sikap guru pada proses pembelajaran, dan kemampuan guru menutup pembelajaran. Kemudian beberapa indikator yang terdapat pada lembar aktivitas siswa yaitu hafalan ragam gerak, ketepatan gerak dengan musik, dan ekspresi saat menari masih belum sepenuhnya terpenuhi dan diharapkan adanya pemaksimalan. Kata kunci: metode demonstrasi, kegiatan ekstrakurikuler, tari dibingi bakas abstract This study discusses the learning process of dibingi bakas dance using demonstration methods through extracurricular activities at SMKN 1 Krui. This type of research is qualitative descriptive with data sources consisting of one extracurricular counselor teacher and sixteen students of SMKN 1 Krui who take dance extracurricular activities. Data collection techniques in this study were questionnaires, observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques are carried out by observing teacher activities, student activities, practice tests, analyzing data, reducing data, and making data conclusions. The results showed that the learning of dibingi bakas dance using the demonstration method through extracurricular activities at SMKN 1 Krui had run quite well with the fulfillment of the indicators contained in the teacher activity sheet, including the teacher's ability to open learning, the teacher's attitude to the learning process, and the teacher's ability to close learning. Then some of the indicators contained in the student activity sheet, namely memorizing various movements, accuracy of movement with music, and expressions while dancing are still not fully fulfilled and expected maximization. Keywords: demonstration method, extracurricular activities, dibingi bakas dance publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2018-09-03 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33221/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33221/4/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33221/5/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: THANTIA OCZALINA, 1413043042 (2018) PEMBELAJARAN TARI DIBINGI BAKAS MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMKN 1 KRUI PESISIR BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/33221/