%A 1513069032 SULASTRI %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SDN 1 MARGAMULYA JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Margamulya Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together di kelas V. Penelitian dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa dan tes formatif untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I dengan katagori ?Aktif? dan pada siklus II juga dengan katagori ?Aktif?. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I dengan katagori ?Baik? dan pada siklus II juga dengan katagori ?Baik?. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Numbered Head Together %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints33259