%0 Generic %A MINDAYU NANTASHINTA , 1413043026 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:33309 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T TEKNIK PEMAKAIAN PROPERTI PIRING PADA PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI PIRING DUA BELAS DI SMK AL-HIKMAH KALIREJO %U http://digilib.unila.ac.id/33309/ %X Penelitian ini membahas tentang teknik pemakaian properti piring pada pembelajaran ragam gerak tari piring dua belas di SMK Al-Hikmah Kalirejo. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan cara guru mengajarkan teknik pemakaian properti piring pada ragam gerak tari piring dua belas di SMK Al-Hikmah Kalirejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Sumber data yakni guru dan enam orang siswa dalam ekstrakulikuler seni tari di SMK Al-Hikmah Kalirejo. Pengamatan yang dilakukan merujuk pada teori belajar behavioristik (stimulus-respon). Data yang dihasilkan kemudian direduksi menggunakan teori kompetensi pedagogik dan disajikan untuk ditarik kesimpulan. Cara guru mengajarkan teknik pemakaian properti piring pada pembelajaran ragam gerak tari piring dua belas dengan menggunakan pendekatan iklim sosio-emosional yaitu berupa membimbing siswa secara individu serta memberikan motivasi dan kondisi belajar yang nyaman dan tidak menegangkan. Guru juga menggunakan metode demonstrasi dan latihan, serta memberikan materi secara bertahap dari teknik dan bentuk latihan yang mudah meningkat ke yang lebih sulit. _____ Kata kunci : pembelajaran tari, tari piring dua belas, teknik properti piring ABSTRACT This research discuss how technique of using plate properties in movements variety of piring dua belas dance learning in SMK Al-Hikmah Kalirejo. The objective is to describe how the teachers method to teach the technique of using plate properties in movements variety of piring dua belas dance learning in SMK Al-Hikmah Kalirejo. The kind of research is descriptive qualitative research. Data collection instrumen in this study that is, observation, interview, documentation and questioner. The data source in this study are teacher and six students in dance extracurricular in SMK Al-Hikmah Kalirejo. The observation refer to behavioristik learning theory (stimulus-response). The obtained data will in reduction related on theory of pedagogic competency and presented to make conclusions. The teacher method to teach the technique of using plate properties in movements variety of piring dua belas dance learning using sosio-emotional approach in the form of guiding students individually and provide motivation and make comfortable and non-stressful learning conditions. The teacher also using demonstration and drill method, also giving gradual material from easy teachniques and exercises to more difficult ones. ______ Keywords : dance learning, piring dua belas dance, plate properties technique,