TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints3331 UR - http://digilib.unila.ac.id/3331/ A1 - Sagita Markawira, 0913033015 Y1 - 2014/09/22/ N2 - Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model pembelajaran dalam strategi pembelajaran kontekstual. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbagai persyaratannya merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran kesejarahan agar dapat diterapkan dikehidupan sehari ? hari. Siswa dituntut untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dengan berbagai cara. Dalam Problem Based Learning (PBL) siswwa diperkenalkan pada konsep melalui masalah yang terjadi dilingkungan. Pembelajaran seperti ini memungkinkan siswa untuk menemukan konsep yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dengan berbagai penjelasan yang dapat mengungkap dan menyelesaikan masalah tersebut, serta dapat lebih merasakan manfaat pembelajaran yang dilakukan. Rumusaan masalah dalam penelitian adalah Bagaimana efek penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013-2014. Tujuan penelitian Berdasarkan rumusan masalah tersebut adalah untuk mengetahui efek dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran sejarah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013-2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 ? 4 sebanyak 155 siswa, teknik pengambilan sampel dengan Purvosif sampling, terpilihlah sampelnya pada kelas XI IPS 1 berjumlah 37 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah bagaimana efek penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemempuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa data nilai lembar tugas akhir siswa berdistribusi normal. Dan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam hal berpikir kritis. Sebab bila dilihat dari lembar tugas awal siswa nilai rata ? rata skor siswa berada pada 67,47 kurang dari nilai KKM dan bila dilihat dari lembar tugas akhir siswa nilai rata ? rata skor siswa pada 87,35. Dari perolehan nilai rata ? rata siswa tersebut dapat kita simpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan efek atau manfaat dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. PB - FAKULTAS KIP TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2013-2014 AV - restricted ER -