TY - THES ID - eprints3351 UR - http://digilib.unila.ac.id/3351/ A1 - IRMA DAHLIA, 1223031023 Y1 - 2014/09/22/ N2 - This research aimed to: (1) describe the learning application with customized method that could increase the students? learning result, (2) describe the learning application with customized method that could optimize characterized value education, this education was done by using Classroom Action Research Approach (PTK) which was known as classroom action research. The research result gained (1) characterized education by using customized method could increase students? research result. This could be seen from the average score of the class before using customized method whereas the accomplishment were only 15 of 46 students, after using customized method (cycle 1), so that the average scores of the class increased 20 students reached KKM. In cycle 3, the increase of average scores of the class arrived to the criteria expected as 80%. (2) the application of learning by using customized method could optimize students character scores, (3) students character like honest, hard work, tolerant, friendly, creative, and communicative, independent, curious and eager to read became increased. Key word: characterized education, customized education Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembiasaan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi, dan (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembiasaan yang dapat mengoptimalkan pendidikan nilai karakter pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang lebih dikenal dengan classrom action reserch. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) pendidikan karakter dengan metode pembiasaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran geografi, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai kelas sebelum menggunakan metode pembiasaan sebesar 67 dengan siswa yang tuntas hanya 15 siswa dari 46 orang, atau hanya 32,61%, kemudian setelah menggunakan metode pembiasaan (pada siklus 1), maka nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,28 dengan peserta didik yang telah memnuhi KKM meningkat menjadi 20 siswa. Pada siklus 2 didapat kemampuan nilai rata-rata kelas sebesar 79,07 dengan persentase yang tuntas sebesar 43,48% atau sebanyak 35 siswa dari 46 orang. Pada siklus 3, peningkatan nilai rata-rata kelas telah memenuhi kriteria yang diharapkan yaitu sebesar 81,89 ? 80%. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembiasaan yang dapat mengoptimalkan pendidikan nilai karakter pada mata pelajaran geografi, hal ini dapat dilihat dari deskripsi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran geografi dengan metode pembiasaan dari siklus 1 sampai siklus 3, karakter siswa seperti karakter kejujuran, kerja keras, toleransi, bersahabat, kreatif, toleransi dan komunikatif, mandiri, rasa ingin tahu dan gemar membaca selalu mengalami peningkatan. Kata kunci: pendidikan karakter, metode pembiasaan PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - CHARACTERED EDUCATION OPTIMALIZATION WITH CUSTOMIZED METHOD OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE PEMBIASAAN AV - restricted ER -