TY - THES ID - eprints3353 UR - http://digilib.unila.ac.id/3353/ A1 - MARYANI, 1223031058 Y1 - 2014/09/22/ N2 - Penelitian bertujuan mengembangkan pembelajaran tutorial menggunakan computer pada mata pelajaran akuntansi dan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas produk tersebut. Desain penelitian menggunakan desain (R&D). Desain pengembangan pembelajaran pengikuti langkah-langkah Dick and Carey. Populasi penelitian siswa kelas XII MAN 2 Kota Metro. Pengujian dilakukan dengan desain eksperimen pada kelas XII IPS 3 dan kelas XII IPS 2 kelas kontrol. Hasil penelitian Pengembangan dapat disimpulkan: (1) Hasil analis kebutuhan menggunakan angket penilaian ahli materi, desain pembelajaran dan peserta didik, dari hasil penilaian dapat dikatakan layak untuk digunakan 2) Pembelajaran akuntansi dengan menggunakan pembelajaran tutorial menggunakan computer lebih efektif dan minat belajar siswa lebih meningkat dalam melaksanakan proses pembelajaran dari pada kelas pembanding yang diberi perlakuaan tidak menggunakan pembelajaran tutorial menggunakan komputer.(3) Efektifitas penggunaan pembelajaran tutorial diuji dengan menggunakan uji- t diperoleh koefesien t hitung lebih besar dari data koefesien t table (5.058>2.00), dengan demikian pembelajaran tutorial menggunakan computer dinyatakanl ebih efektif. Kata Kunci: Tutorial Komputer , Pembelajaran Akuntansi PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - DEVELOPMENT OF LEARNING TUTORIALS USING COMPUTER IN ACCOUNTING LESSONS OF MA AT CLASS XII ODD SEMESTER PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TUTORIALMENGGUNAKAN KOMPUTER PELAJARAN AKUNTANSI MA KELAS XII SEMESTER GANJIL AV - restricted ER -