<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "STUDI KEBERADAAN DAN PERAN EKOLOGI MAMALIA\r\nDI HUTAN PENDIDIKAN, TAMAN HUTAN RAYA\r\nWAN ABDUL RACHMAN"^^ . "Mamalia berperan penting dalam rantai makanan dan jaring makanan untuk\r\nmendukung ekosistem di kawasan konservasi. Tujuan dari penelitian ini adalah\r\nuntuk mengetahui keberadaan mamalia dan peran ekologi mamalia di Hutan\r\nPendidikan, Tahura WAR. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu\r\nmetode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan ditemukan 7\r\nspesies mamalia dari 6 famili. Spesies mamalia yang ditemukan, yaitu: tupai\r\n(Tupaia sp.), beruang madu (Helarctos malayanus), babi hutan (Sus scrofa),\r\nmonyet ekor panjang (Macaca fascicularis), siamang (Hylobates syndactylus),\r\nnapu (Tragulus napu), dan beruk (Macaca nemestrina). Tanda-tanda keberadaan\r\nmamalia ditemukan secara langsung maupun secara tidak langsung. perjumpaan\r\nsecara langsung ditandai dengan ditemukannya mamalia secara langsung,\r\nsedangkan perjummpaan secara tidak langsung ditandai dengan ditemukannya\r\njejak kaki, kotoran, dan suara. Mamalia berperan sebagai pemencar biji, biji yang\r\ndipencarkan ada yang secara langsung dan tidak langsung. Biji yang dipencarkan\r\nGustian Zulkarnain\r\nlangsung yaitu biji yang tidak tertelan dan langsung jatuh, sedangkan biji yang\r\ndipencarkan tidak langsung yaitu biji yang dimakan lalu masuk kedalam perut,\r\ntidak hancur di dalam perut lalu keluar bersama feses. Perlu dilakukan penelitian\r\nlanjutan mengenai penelitian mamalia nokturnal dan penelitian dengan\r\nmenggunakan kamera trap untuk mengetahui lebih banyak spesies mamalia yang\r\nterdapat di Hutan Pendidikan, Tahura WAR.\r\nKata Kunci : hutan pendidikan, keberadaan mamalia, mamalia, peran ekologi\r\n\r\nABSTRACT\r\nMammals play an important role in the food chain and food webs to support the\r\necosystem in conservation areas. The purpose of this study is to determine the\r\nexistence of mammals and the role of mammalian ecology in the Education\r\nForest, Tahura WAR. The method used in the study is observation and interview\r\nmethods. The results of the study showed 7 mammal species from 6 families.\r\nMammalian species found, namely: squirrels (Tupaia sp.), sun bears (Helarctos\r\nmalayanus), wild pigs (Sus scrofa), long-tailed monkeys (Macaca fascicularis),\r\ngibbon (Hylobates syndactylus), napu (Tragulus napu), and beruk (Macaca\r\nnemestrina). Signs of the presence of mammals were found directly or indirectly.\r\nDirect meeting marked by the discovery of mammals directly, while the indirect\r\nmeeting indicated by the discovery of footprints, dirt, and sound. Mammals act as\r\nseed dispersers, there are directly and indirectly seed dispersers. Directly\r\ndispersed are seeds that are not swallowed and fall immediately, while seeds that\r\nare indirectly dispersed are seeds that are eaten and then enter the stomach, not\r\nGustian Zulkarnain\r\ncrushed in the stomach and out with feces. Further research is needed on the\r\nresearch of nocturnal mammals and research using camera traps to find out more\r\nmammal species found in the Education Forest, Tahura WAR.\r\nKeywords : education forest, mammals, the presence of mammals, the role of\r\necology"^^ . "2018-08-28" . . . . . "FAKULTAS PERTANIAN"^^ . . . . . . . "141415037"^^ . "GUSTIAN ZULKARNAIN "^^ . "141415037 GUSTIAN ZULKARNAIN "^^ . . . . . . "STUDI KEBERADAAN DAN PERAN EKOLOGI MAMALIA\r\nDI HUTAN PENDIDIKAN, TAMAN HUTAN RAYA\r\nWAN ABDUL RACHMAN (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK (ABSTRACT).pdf"^^ . . . "STUDI KEBERADAAN DAN PERAN EKOLOGI MAMALIA\r\nDI HUTAN PENDIDIKAN, TAMAN HUTAN RAYA\r\nWAN ABDUL RACHMAN (File PDF)"^^ . . . "STUDI KEBERADAAN DAN PERAN EKOLOGI MAMALIA\r\nDI HUTAN PENDIDIKAN, TAMAN HUTAN RAYA\r\nWAN ABDUL RACHMAN (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . "HTML Summary of #33585 \n\nSTUDI KEBERADAAN DAN PERAN EKOLOGI MAMALIA \nDI HUTAN PENDIDIKAN, TAMAN HUTAN RAYA \nWAN ABDUL RACHMAN\n\n" . "text/html" . . . "Kehutanan"@en . .