TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints33616 UR - http://digilib.unila.ac.id/33616/ A1 - HAYATUN NUFUS , 1413022030 Y1 - 2018/08/31/ N2 - Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang fundamental pada pembelajaran abad ke-21. Berdasarkan penelitian pendahuluan di 25 SMP di Bandar Lampung, dikatakan bahwa pembelajaran fisika di sekolah-sekolah ini belum maksimal dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan perbedaan kemampuan akademik, yaitu kemampuan akademik tinggi dan rendah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan metode Pretest Posttest Non Equivalen Control Group Design dengan perbedaan penerapan model pembelajaran setiap subbab materi. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan pretest dan posttest soal essai yang mengacu pada 5 kriteria berpikir kritis Ennis (2011). Kemampuan akademik siswa diperoleh dari Hayatun Nufus iii nilai IPA semester ganjil 2017/2018 dan rekomendasi guru. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-Test untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan setelah penerapan model Argument Driven Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berakademik tinggi yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,035 dan 0,021 (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berakademik rendah yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,00 dan 0,003 pada taraf kepercayaan 95%. Artinya, model penerapan Argument Driven Inquiry berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah. Kata Kunci: Argument-Driven Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis, Kemampuan Akademik PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP BERDASARKAN PERBEDAAN KEMAMPUAN AKADEMIK AV - restricted ER -