@misc{eprints33635, month = {Juli}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DESKRIPSI SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH EROSI EMAIL GIGI}, author = {1413023054 REGINA RISSA NADIA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/33635/}, abstract = {Penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian The Static-Group Pretest-Posttest Design ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi; dan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa melalui pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 9 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh (1) Model pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi pada materi titrasi asam basa dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan penalaran. (2) Model pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi pada materi titrasi asam basa dapat melatihkan sikap ilmiah siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi materi titrasi asam basa dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan penalaran serta dalam melatihkan sikap ilmiah siswa. Kata kunci : kemampuan penalaran, sikap ilmiah siswa, model pembelajaran berbasis masalah, titrasi asam basa } }