%0 Thesis %9 Masters %A Suyatno, 1023031083 %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan %D 2014 %F eprints:3365 %I Universitas Lampung %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI (Studi Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat) %U http://digilib.unila.ac.id/3365/ %X Permasalahan dalam penelitian ekperimen ini adalah (1) apakah ada perbedaan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan PBI (2) apakah ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada tingkat motivasi berprestasi, (3) apakah ada Interaksi antara metode pembelajaran yang digunakan dengan tingkat motivasi berprestasi, (4) Metode pembelajaran kooperatif manakah yang paling efektif anatara tipe STAD dengan tipe PBI. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah ekperimen semu dengan memberikan semua perlakuan pada dua kelas yang berbeda. Dimana satu kelas dengan menggunakan pembelajaran metode kooperatif tipe STAD sedangkan pada satu kelas yang lain menggunakan metode kooperatif dengan tipe PBI dengan memperhatikan motivasi berprestasi. Analisis data menggunakan varian dua jalur dengan desain factorial dan analisis keefektifan. Setelah melakukan penelitian ekperimen pada dua kelas tersebut, hasil dari penelitian menunjukan (1) ada perbedaan hasil belajar IPS antara metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode kooperatif Tipe BPI, (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan tingkat motivasi berprestasi, (3) tedapat interaksi antara metode pembelajaran yang digunakan dari tingkat motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar, (4) pembelajaran IPS dengan mengguanakan metode pembelajaran kooperataif tipe STAD lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe PBI.