<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED\r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI"^^ . "Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk terwujudnya pengembangan bahan\r\najar berbasis Problem Based Learning mengetahui kepraktisan dan keefektifan bahan\r\najar PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD.\r\nMetode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research\r\nand Development) dengan menggunakan langkah - langkah penelitian menurut Borg\r\nand Gall. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dalam satu gugus\r\nKecamatan Kalianda dan sampel peneliti dilakukan secara purposive sebanyak 28\r\nsiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan yaitu angket\r\nanalisis kebutuhan, observasi, dokumentasi, , lembar validasi ahli, dan tes. Hasil\r\npenelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan,\r\npraktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil\r\nbelajar peserta didik yang telah dianalisis menggunakan N-Gain.\r\nKata Kunci: Bahan ajar, model PBL, berpikir tingkat tinggi\r\n\r\nabstract\r\n\r\nThis development research aims at the realization of the development of teaching\r\nmaterials based on Problem Based Learning to know the practicality and\r\neffectiveness of PBL teaching materials to improve high thinking skills of fourth\r\ngrade students of elementary school. The research method used is research\r\ndevelopment (Development and Development) by using research steps according to\r\nBorg and Gall. The population in this research is the fourth grader of elementary\r\nschool in one cluster of Kalianda District and the sample of the research is 28 fourth\r\ngraders of elementary school. Data collection techniques in this study were\r\nconducted by the documentation, observation, expert validation sheet, questionnaire\r\nneeds analysis, and tests. The results showed that the teaching materials developed\r\ncan improve the ability of high-level thinking and learning outcomes of learners who\r\nhave been analyzed using N-Gain.\r\nKeywords : development of teaching materials, PBL model, high-level thinking"^^ . "2018-08-04" . . . . . " UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . " 1623053004"^^ . "EKA LIANA"^^ . " 1623053004 EKA LIANA"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED\r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED\r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED\r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . "HTML Summary of #33669 \n\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED \nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \nBERPIKIR TINGKAT TINGGI\n\n" . "text/html" . . . "LB Theory and practice of education"@en . . . "LB1501 Primary Education"@en . .