title: STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TIPE STAD ( STUDET TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP N 1 MERBAU MATARAMTAHUN AJARAN 2017/2018 creator: SITI MAHARANI , 1413031059 subject: H Social Sciences (General) subject: LB Theory and practice of education description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP N 1 Merbau Mataram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe PBL (Problem Based Learning) Dan Tipe STAD ( Studet Team Achievement Division) dengan memperhatikan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini ialah seluruh kelas VIII SMP N 1 Merbau Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel siswa 59 siswa yang ditentukan dengan teknik cluser random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalur dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukan (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPS Terpadu. (2) kemampuan berfikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi pada mata pelajaran IPS Terpadu. (3) kemampuan berfikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) pada siswa yang memiliki minat belajar rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu. (4) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata Kunci :Kemampuan Berfikir Kritis Siswa, Problem Based Learning, Student Team Achievement Division, Minat Belajar Siswa. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2018-10-01 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33674/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33674/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33674/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SITI MAHARANI , 1413031059 (2018) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TIPE STAD ( STUDET TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP N 1 MERBAU MATARAMTAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/33674/