TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints33687 UR - http://digilib.unila.ac.id/33687/ A1 - ROMA RIO PURBA, 1443031006 Y1 - 2018/10/01/ N2 - Tujuan penelitian ini untuk mengetahui studi perbandingan hasil belajar ips terpadu dengan menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dan Problem Based Learning (PBL) dengan Memperhatikan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Gajah Mada Bandar Lampung dan sampel 60 responden yang ditentukan dengan teknik clustur random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengisian kuesioner dan teknik tes. Data yang dikumpulkan melalui angket diolah dengan program SPSS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbandingan hasil belajar ips terpadu menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dan Problem Based Learning (PBL) dengan Memperhatikan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Kata Kunci : hasil belajar, model Student Team Achievement Division (STAD), Problem Based Learning (PBL), dan motivasi belajar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 AV - restricted ER -