title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI 2 REJOMULYO creator: DESYUNI , 1313093014 subject: LB Theory and practice of education description: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan scientific. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini di lakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Rejomulyo. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil siswa kelas IV Hasil belajar saat pratindakan, rata-rata kelas adalah 65,76 untuk ketuntasan ada 12 siswa atau 48% dan belum tuntas ada 13 siswa atau 52%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70,00. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas71,92, ketuntasan ada 15 siswa atau 60% dan belum tuntas ada 10 siswa atau 40% berarti ada kenaikan nilai rata-rata pra tindakan ke siklus I sebesar 6,16, sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 76,90 dan ketuntasan ada 22 siswa atau 88% dan belum tuntas ada 3 siswa atau 12%, dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 4,98. Keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Kata kunci: pembelajaran, pendekatan scientific, tema tempat tinggalku abstract This study aims to improve learning outcomes using the scientific approach. The type of research conducted is Classroom Action Research. This research was conducted on fourth grade students of SD Negeri 2 Rejomulyo. The subjects of this study were fourth grade students totaling 25 students. Data collection techniques used are tests, observation and documentation. While data collection instruments use test questions, observation sheets and documents. Data analysis techniques were carried out in a quantitative descriptive manner. The results showed that in cycle I it was obtained an increase in average results of 71.92 class, completeness there were 15 students or 60% and there were not yet 10 students or 40%. There is an increase in the average value of pre-action to cycle I by 6.16%, while cycle II results in the average grade increased to 76.90 and completeness there were 22 students or 88% and there were not yet 3 students or 12%, thus there is an average increase from cycle I to cycle II of 4.98%. In addition, the students' activeness in attending the lesson also increased. Keywords: Learning, scientific approach, the theme of my place of residence publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2018-07-17 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33721/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33721/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/33721/3/SKRIPSI%20FULL.pdf identifier: DESYUNI , 1313093014 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI 2 REJOMULYO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/33721/